Karak Kaliang


karak kaliang 225x300 Karak KaliangKARAK Kaliang  merupakan makanan spesifik Rang Agam. Kalau anda jalan-jalan di kota Bukittinggi, tidak ada salahnya kalau mencoba salah satu oleh-oleh khas bukittinggi ini. Meskipun banyak dibuat di bukittinggi akan tetapi produksinya juga berasal dari daerah lain, misalnya Payakumbuh.

Karak kaliang dibuat dari tepung ubi pilihan ini merupakan salah satu makanan tradisional minangkabau yang sangat digemari banyak orang, rasanya yang gurih renyah membuat ketagihan. Ada dua ukuran karak kaliang, ukuran besar sebesar ibu jadi dan ukuran kecil, ukuran kecil besarnya kecil sedikit dari kelingking jari orang dewasa.

Salah satu pembuat  karak kaliang yang terkenal adalah Uniang (66), di Siampok, Sungai Jariang.
“Saya sudah membuat karak kaliang sejak zaman penjajahan belanda. Sampai kini masih bertahan dengan usaha ini,” ujarnya

Karak kaliang buatan Uniang memang lain dari yang lain. Hal itu diakui mantan Bupati Agam, Drs. H. Aristo Munandar, dan Ny. Hj. Tati Aristo sering berbelanja di kedai Uniang. Padahal, kedai milik Uniang hanya berupa pondok-pondok, sekaligus merupakan pondok produksi.

“Memang enak, gurih, lain dari yang lain. Makanya kami sering membeli karak kaliang buatan Uniang,” ujarnya Ny. Hj. Tati Aristo, ketika masih menjadi Ny. Bupati.

Dengan usahanya itu, Uniang telah mampu mempekerjakan sekitar 5 karyawan/wati. Mereka bekerja setiap hari, karena karak kaliang buatan Uniang selalu laris. Pembelinya bukan warga kebanyakan saja, tetapi juga para pejabat. (dari berbagai sumber)

 

facebook comments:


Leave a Reply

hutantropis.com - Majalah Onlineclose