Pengertian Merek


logo amanah health 300x203 Pengertian MerekMerek atau Merek dagang adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/jasa dan menimbulkan arti psikologis, merek juga merupakan kekayaan industri yang termasuk kekayaan intelektual, secara konvensional Merek bisa berupa nama, kata, logo , desain, gambar, dan lambang.

Di dalam dunia industri yang terus berkembang dengan dinamis dan persaingan bisnis yang begitu ketat, semakin meningkatkan kesadaran para pelaku bisnis akan pentingnya sebuah merek. Bahkan karena pertimbangan merek pula yang menyebabkan Pepsi berani membeli merek dengan mengeluarkan kocek sebesar $ 1.000.000 ( sekitar 10 milyard rupiah ) pada tahun 2009.

Merek merupakan aset sangat bernilai yang disebut goodwill dan terpampang di neraca dan merek jugalah yang akan memberikan revenue di masa mendatang.

Namun apakah sejatinya sebuah merek itu ?

Pengertian merek menurut David A. Aaker adalah nama atau simbol yang bersifat membedakan ( baik berupa logo, cap/kemasan ) untuk mengidentifikasikan barang/jasa dari seorang penjual/kelompok penjual tertentu. Tanda pembeda yang digunakan suatu badan usaha sebagai penanda identitasnya dan produk barang atau jasa yang dihasilkannya kepada konsumen, dan untuk membedakan usaha tersebut maupun barang atau jasa yang dihasilkannya dari badan usaha lain.

Lalu menurut William J. Stanton merek adalah sebuah nama, istilah, simbol atau desain khusus atau beberapa kombinasi unsur. Unsur ini yang dirancang untuk mengidentifikasikan barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual. Maka dengan demikian bisa disimpulkan bahwa merek mempunyai dua unsur, yaitu Brand Name yang terdiri dari kata-kata yang dapat dibaca, serta Brand Mark yang berbentuk Simbol atau Tanda. Merek mengandung identitas perusahaan untuk secara konsisten memberikan ciri, manfaat, dan jasa tertentu kepada pembeli. Merek juga lebih dari sekadar jaminan kualitas karena di dalamnya tercakup 6 pengertian , sebagai berikut :

  1. Atribut produk. Yang seperti halnya kualitas, gengsi, nilai jual kembali. Produk Mobil Mercedes menyatakan dirinya sebagai sesuatu mahal, produk yang telah dibuat dengan baik, terancang dengan baik, tahan lama, bergengsi tinggi, dan lain-lain.
  2. Manfaat. Meskipun suatu merek membawa sejumlah atribut konsumen sebenarnya membeli manfaat dari produk tersebut. Dalam hal ini atribut merek diperlukan untuk diterjemahkan menjadi manfaat fungsional atau manfaat emosional. Sebagai gambaran, atribut “mahal” cenderung diterjemahkan sebagai manfaat emosional, sehingga setiap orang yang mengendarai Mobil Mercedes akan merasa dirinya penting dan sangat dihargai.
  3. Nilai. Merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai produsen. Mobil Mercedes menyatakan produk yang punya kinerja tinggi, aman, bergengsi, dan sebagainya. Dengan demikian produsen Mobil Mercedes juga mendapat nilai tinggi di mata masyarakat.
  4. Budaya. Merek juga mencerminkan budaya tertentu. Mercedes mencerminkan budaya Jerman yang terorganisir, konsisten, efisien, dan sangat berkualitas tinggi.
  5. Kepribadian. Merek juga mencerminkan kepribadian tertentu. Contoh : Sering kali produk tertentu menggunakan kepribadian orang yang terkenal untuk mendongkrak atau menopang merek produknya.
  6. Konsumen. Merek menunjukkan jenis konsumen yang membeli atau menggunakan produk tersebut. Pemakai Mobil Mercedes pada umumnya mencerminkan orang kaya, kalangan atas, pemilik bisnis, orang yang punya peranan penting, dan sebagainya.

Jadi, merek adalah nama, terminologi, tanda, simbol atau kombinasi di antaranya, yang ditujukan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk membedakannya dari pesaing.

Beberapa Jenis merek antara lain adalah :

  • Merek Dagang

Merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.

  • Merek Jasa

Merek jasa adalah merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.

  • Merek Kolektif

Merek kolektif adalah merek yang digunakan pada barang dan/atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang dan/atau jasa sejenis lainnya. (sumber: loopscreative.com)

facebook comments:


Leave a Reply

hutantropis.com - Majalah Onlineclose