Perbedaan Negosiasi dan Mediasi


  • negosiasi 202x300 Perbedaan Negosiasi dan MediasiApa itu negosiasi
  • Beberapa pengertian negosiasi adalah :
    1. Negosiasi melibatkan dua pihak (atau lebih) yang sedang berkompetisi, bersengketa kepentingan atau kebutuhan berusaha untuk mencapai persetujuan mengenai bagaimana mereka akan bekerjasama.
    2. Negosiasi adalah proses komunikasi yang terstruktur ketika dua pihak atau lebih mencoba untuk menyelesaikan perbedaanya dengan mencapai penyelesaian yang diterima semua pihak dengan segala kelebihan dan/atau kekurangannya.
    3. Negosiasi merupakan suatu teknik mempengaruhi dan meyakinkan pihak lain untuk menggunakan kemampuan yang ada demi penyelesaian sengketa. Dalam lingkungan, para negosiator dapat menemukan cara-cara yang dapat membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, sehingga keadaan kelompok-kelompok yang sedang bernegosiasi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Apa itu mediasi
Beberapa pengertian mediasi adalah :

  1. Mediasi berasal dari bahasa Latin, yaitu “Mediare” yang berasal dari berada ditengah. Mediasi adalah proses dimana pihak ketiga terlibat dalam sebuah sengketa, biasanya dengan persetujuan para pihak untuk memfasilitasi pemecahan yang diterima satu sama lain yang dibutuhkan untuk implementasi. Pendeknya adalah memfasilitasi penyelesaian masalah secara kolaboraltif.
  2. Mediator (orang yang melakukan mediasi) adalah pihak ketiga yang netral yang memfasilitasi dua pihak yang sedang melakukan mediasi.
  3. Mediasi dalam banyak hal mengarah pada memberikan bantuan pada proses negosiasi. Perbedaan yang utama adalah mediasi melibatkan pihak ketiga yang berperan membantu para pihak untuk mencapai kesepakatan pemecahan satu sama lain atas permasalahan atau sengketa atau ketidaksepahaman. Mediasi adalah suatu proses yang sukarela.
  4. Mediasi merupakan proses perundingan untuk pemecahan masalah yang melibatkan pihak ketiga yang netral (impartial). Pihak ketiga tersebut bekerja membantu para pihak yang bersengketa untuk memperoleh kesepakatan perjanjian dengan memuaskan.
  5. Mediasi adalah suatu proses atau usaha yang berkelanjutan yang dilakukan oleh pribadi atau tim untuk mempertemukan / menengahi pihak-pihak yang bersengketa supaya mereka mencari penyelesaian sendiri.
  6. Mediasi adalah proses negosiasi yang terstruktur, difasilitasi oleh pihak ketiga yang netral yaitu mediator. Mediator fokus untuk memberikan bantuan para pihak yang terlibat dalam sengketa untuk memutus lingkaran menyalahkan dan berhenti menemukan kesalahan satu sama lain, membantu para pihak untuk dapat saling berkomunikasi dengan baik, mengidentifikasi kebutuhan mereka sendiri dan bekerjasama dalam menemukan solusi penyelesaian yang memenuhi kebutuhan para pihak.

Apa yang membedakan antara mediasi dengan arbitrasiArbitrasi melibatkan pihak ketiga yang bertindak sebagai hakim untuk memutuskan.

Apa yang anda ketahui tentang prinsip mediasi

Proses mediasi adalah :

  1. Rahasia – mediator tidak bisa dipanggil untuk memberikan kesaksian dalam pengadilan dan semua informasi tetap berada dipara pihak yang terlibat.
  2. Sukarela – mediasi dapat terjadi kalau para pihak telah mengerti prosesnya dan tata cara mediasi dan menyetujui untuk berpartisipasi.
  3. Efisien – proses mediasi tidak membutuhkan waktu dan biaya yang banyak apabila dibandingkan dengan penyelesaian melalui pengadilan atau tetap melakukan perlawanan.
  4. Memberdayakan para pihak – para pihak yang sedang bersengketa dapat mendiskusikan persoalan apa saja yang dianggap relevan tanpa ada rasa takut bahwa bahan yang didiskusikan akan dihakimi. Para pihak dapat mengontrol proses pengambilan keputusan dan tidak menghadapi resiko atas keputusan yang dibuat tanpa persetujuan mereka.
  5. Informal – para pihak dapat berdiskusi dan menyampaikan ide dan perasaan mereka dalam suasana informal dan rahasia.
  6. Konstruktif – para pihak meningkatkan kesempatan mereka untuk memperbaiki atau memperbaiki hubungan mereka dimana sangat kontras dengan persidangan yang berakhir pada saling menyalahkan dan bermusuhan, merusak hubungan.
  7. Berkelanjutan – implementasi persetujuan oleh para pihak yang dihasilkan dan dimiliki oleh mereka sendiri.

Comments Closed

Comments are closed.

hutantropis.com - Majalah Onlineclose