Tips Merencanakan Menu Makanan saat Camping dan Naik Gunung


menu makanan di gunung 225x300 Tips Merencanakan Menu Makanan saat Camping dan Naik Gunung1. Planning

Perencanaan sebuah kamp menu tergantung pada beberapa hal:

1. Di mana lokasi perkemahan (mudah mengakses atau terpencil, dataran rendah atau dataran tinggi, dataran tingkat atau permukaan berbatu)

2. Berapa lama Anda akan berada di sana (akhir pekan, 1 minggu, 1 bulan)

3. antisipasi cuaca di camp (hujan, salju, angin, matahari)

4. Apakah ada sumber air yang dekat (sungai, danau, keran)

5. apakah jumlah dan jenis makanan terbatas pada hal2 disekitar camp (di sana banyak binatang yang membuat makanan anda sulit disembunyikan ato perjalanannya jauuu bangetz)

6. bagaimana saya membawa makanan ke kamp

Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu untuk merencanakan menu yang tepat di perkemahan agan agan sekalian

2. menu anda harus mencakup

  • 3 kali makan per hari (sarapan, makan siang, makan malam)
  • 1x snack/hari
  • Banyak air. Jika ada sumber air di daerah itu tidak perlu khawatir. Jika Anda harus membawa air sendiri kemudian mengantisipasi memerlukan 10 liter per hari per orang.
  • Gelas / piring / peralatan. penggunaan barang yang sama akan menghemat bawaan anda (2in1 plate & glass)

3. Idealnya si makanan tu :

  • Buah-buahan dan sayuran. Mudah untuk menyimpan dan membawa. juga tahan lama (labu siem,kentang,wortel, terong, jengkol bagi yg doyan, dll)
  • Beras,bubur, sereal termasuk oatmeal. Sereal dapat mudah disimpan dalam kantong dan dibawa. Oatmeal sehat dan sangat baik saat sarapan. bubur banyak yg dijual sachetan (buburku dll), kacang ijo juga bisa dibawa walau masaknya agak lama. bubur sumsum juga oke dimakan apalagi malem2 depan api unggun…
  • ikan dan Daging. rasanya enak bener dimakan kalo kemping gan. yang perlu mendapat perhatian anda adalah cara membawanya. Jika Anda tidak dapat menyimpannya dengan benar maka jangan dibawa. lebih bagus bila dimasak terlebih dahulu(rendang,ayam ungkep,dll), kalo ikan paling asik ya bwa ikan asin ato cumi asin ato udang asin tapi jgn lupa bawa sambelnya !!
  • Minuman. banyak macemnya, mulai dari teh,kopi,bandrek,jus2an,soda dll. kopi sachetan banyak macemnya… kalo lebih suka kopi item silakan bawa gulanya ndiri, teh paling mantep si tubruk kalo ane pribadi lebih suka merk ton*c**.. jus2an banyek banget kayak nutrisari, jasjus, obama dll. soda biasanya ane bawa buat diminum di puncak.
  • snack : buat iseng iseng nambah jigong bisa juga anda bawa ager2 ato roti2an ato chiki2an. macem2 jenisnya tergantung seleranya masing masing
  • kantong sampah . selalu ada kebutuhan untuk membuang sesuatu di camp. biasakan hidup bersih di kota maupun di alam. kalo anda bawa hand antiseptic, selalu gunakan sebelum memasak.

kalo kata orang tua “kebersihan sebagian dari Iman

4. Hal-hal soal makanan yang perlu dipertimbangkan:

  • Siapkan terlebih dahulu. Taruh sereal dalam kantong individu. Sama dengan havermut. Daging berbumbu dapat dilakukan di rumah dan membawa wadah zip-lock. bumbu2 seperti bawang,cabe,dll dibersihkan dahulu lalu masukkan wadah plastik yg kedap seperti tupp****re agar lebih segar.
  • Memasak. Pikirkan tentang masing-masing makanan dan apa yang dibutuhkan. Apakah Anda perlu panci dan wajan, berapa jumlah kompor yang kudu dibawa ato bahkan alumunium foil perlu ato ga ?
  • Pembersihan. Bagaimana Anda akan membersihkan peralatan & area memasak anda.

5. YANG PERLU ANDA INGAT !!

  1. Perencanaan menu kamp membutuhkan waktu .
  2. Meminta pendapat orang lain.
  3. Jika ada kekhawatiran apakah makanan dapat disimpan pada suhu tertentu maka jangan dibawa . Lebih baik untuk tetap sehat daripada risiko jatuh sakit.
  4. Rencana untuk menyimpan makanan jauh dari perkemahan Anda. bila ada hewan yang mungkin tertarik dengan makanan anda. (beruang,macan,semut, dll)
  5. hitung berapa kalori kira2 yang anda keluarkan lalu imbangi dengan jumlah kalo yang anda akan masukan.
  6. Gizi yang seimbang akan membuat fisik anda selalu fit.

Lokasi Camp yang ideal berbentuk segitiga . Di salah satu sudut adalah sisi area memasak & makanan, api unggun disisi lainnya, dan terakhir adalah area dimana tenda berada. Setiap daerah ini diberi jarak yang cukup agar aman !!

(sumber: kaskus.us)

facebook comments:


Leave a Reply

hutantropis.com - Majalah Onlineclose