APAKAH VAPE ITU BERBAHAYA?

APAKAH VAPE ITU BERBAHAYA?

Semakin kesini semakin banyak perubahan yang semakin canggih. Hal ini bisa di lihat di sekitar kita. Yang dulunya seorang perokok merokok menggunakan rokok lintingan menjadi rokok batangan, dan akhirnya bergeser lagi dengan rokok elektrik atau vape. Vape merupakan rokok elektrik yang  di modifikasi menjadi bentuk yang lebih unik dan cara kerjanya yang agak sedikit berbeda. Banyak orang yang mengatakan fungsi vape adalah untuk mengalihkan perhatian dari pecandu rokok tembakau ke rokok elektrik. Dengan harapan agar sang pecandu rokok perlahan belajar untuk berhenti merokok. Karena hal ini sudah diterapkan di negara-negara maju dan bekerja sesuai harapannya. Terbukti di negara mereka banyak perokok aktif yang berhenti merokok setelah beberapa bulan menggunakan vapor.

Bahaya Yang Mengintai Seorang Pengguna Vape

Sama seperti rokok, ternyata vape juga dapat berdampak buruk bagi seorang  penggunanya. Bahaya terbesar dari vape timbul dari cairan liquidnya. Yang di mana cairan tersebut mengandung banyak bahan kimia yang tentunya sangat mengancam kesehatan. Untuk itu sebelum terlambat sebaiknya anda berhenti merokok atau menggunakan vape. Karena terdapat banyak bahaya yang mengintai seorang pengguna vape. Yang di antaranya :

  • Dapat memicu banyak penyakit berat

Menggunakan vape dalam jangka Panjang dapat memicu timbulnya penyakit berat dalam tubuh kita. Hal ini dikarenakan vape mengandung zat formaldehida yang bersifat karsinogenik. Dimana zat tersebut dapat  menyebabkan tumbuhnya sel-sel kanker jika dihirup dalam jangka waktu yang lama. 

  • Menyebabkan kecanduan

Sama halnya dengan rokok batang. Ternyata rokok elektrik ini juga dapat menyebabkan kecanduan pada seseorang yang menggunakannya. Meskipun pada vape baru tertulis free nikotin atau yang berarti tidak mengandung nikotin. Namun pada katrid isi ulang liquid tersebut tetap mengandung nikotin yang akan menyebabkan seseorang yang telah menggunakannya merasa ketagihan.

  • Boros

Hal ini sudah tak dapat diragukan lagi. Sama halnya pengguna rokok. Seorang vapers juga sama borosnya. Bahkan bisa dibilang lebih boros. Karena harga vape yang tidaklah murah belum lagi isi ulang liquidnya.

  • Dapat meledak

vape bekerja dengan cara mengubah cairan atau liquid menjadi uap. Caranya adalah dengan memanaskan cairan tersebut. Jika sebuah vape mengalami pemanasan yang berlebihan maka vape tersebut dapat meledak. Karena sebelumnya sudah pernah terdapat kasus seorang yang terkena ledakan vape sampai giginya hilang dan mengalami luka bakar cukup parah. Sehingga kamu harus lebih berhati-hati. Jangan sesekali menyimpan vape di tempat yang panas. Mengerikan bukan?

  • Mengandung lebih besar logam dari pada asap rokok

Asap Vape mengandung lebih besar zat logam daripada asap rokok. Zat logam yang di maksud yaitu berupa timah, nikel, perak,dan lainnya. Tentu saja jika partikel zat logam tersebut sampai terhirup oleh tubuh kita dapat menyebabkan berbagai jenis gangguan pernafasan. Dan juga penyakit yang mengerikan lainnya.

  • Dapat menurunkan kekebalan tubuh

Sama dengan perokok aktif. Pengguna vape cenderung memiliki kekebalan tubuh yang menurun. Hal ini dikarenakan senyawa yang terdapat pada cairan vape yang digunakan untuk menciptakan uap dapat menyebabkan efek imunosupresif pada tubuh seseorang.

Itulah beberapa bahaya yang dapat mengintai tubuh seorang pengguna vape. Sebenarnya tak hanya seorang penggunanya saja yang dapat terkena dampak buruk itu. Bahkan orang yang berada di sekitar orang yang sedang ngevape dapat terancam kesehatannya karena juga menghirup asap tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *