CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK DENGAN BAHAN ALAMI

Menemukan banyak rambut yang rontok setelah mencuci rambut atau ketika menyisir, tentunya menjadikan cemas. Meskipun rambut rontok merupakan hal yang wajar, namun rambut rontok yang berlebihan dapat mengakibatkan kebotakan. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami rambut rontok. Diantara penyebab kerontokkan rambut antara lain faktor usia, kondisi medis, faktor keturunan, atau akibat proses kimia. Seperti mewarnai rambut dan meluruskan rambut secara permanen. 

Namun tahukah anda ada banyak bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan, sebagai berikut:

  • Lidah buaya

Lidah buaya terkenal akan khasiatnya untuk menyuburkan rambut. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A dan D, serta zat besi dan protein yang mampu mengatasi rambut rontok. Kandungan nutrisi tersebut mampu mencegah kerontokan dan melindungi kulit kepala dari berbagai penyakit.

Cara menggunakan aloe vera ini cukup mengoleskan gel secara merata pada rambut hingga kulit kepala. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih atau bisa langsung keramas.

Lakukan hal tersebut setiap hari secara teratur agar rambut rontok berkurang

  • Bawang + madu

Bawang mengandung sulfur tinggi yang efektif mengurangi kerontokan pada rambut. 

Caranya dengan campurkan air perasan bawang dengan satu sendok madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama 2 jam lalu bilas. Lakukan secara rutin maka rambut anda akan lebih kuat dan tidak mudah rontok.

  • Santan

Kelapa memang banyak dimanfaatkan untuk berbagai perawatan kecantikan. Bukan minyak kelapa saja, santan kelapa juga bisa mengurangi rambut rontok. Daging buah kelapa mengandung protein yang sangat efektif merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokkan.

Caranya aplikasikan santan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 20 menit lalu keramas seperti biasa. Lakukan secara rutin maka rambut anda akan terasa lebih halus dan berkilau.

  • Jambu biji

Kandungan vitamin B3, B5, dan B6, pada jambu mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kepala dan menghentikan rambut rontok.  

Caranya dengan haluskan buah jambu biji sampai menjadi bubur dan tambahkan satu putih telur. Lalu oleskan campuran tersebut secara merata pada rambut hingga kulit kepala. Diamkan kurang lebih 40 menit sambil pijat kulit kepala secara lembut. Kemudian bilas sampai bersih dengan sampo.

  • Pisang

Pisang memiliki vitamin dan kandungan yang baik untuk rambut. Kandungan dalam pisang dapat mengatasi rambut rontok dan kusam. 

Caranya dengan membuat masker pisang yang ditambah minyak zaitun, madu, dan susu atau santan. Bahan alami ini akan membuat rambut lebih kuat dan terlihat bersinar.

  • Yoghurt

Salah satu penyebab rambut rontok adalah rambut kekurangan nutrisi dan kering. Berikan nutrisi dan perawatan yang lebih untuk rambut yang sehat. Yoghurt sudah menjadi bahan andalan untuk merawat rambut. 

Caranya dengan campurkan yoghurt, minyak kelapa, dan madu. Aplikasikan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan hingga bersih

  • Alpukat

Buah alpukat juga bisa dijadikan masker rambut. Alpukat mengandung protein alami yang bagus untuk rambut dan kulit kepala.
Caranya lumatkan daging buah alpukat sampai halus, lalu oleskan secara merata pada rambut hingga kulit kepala. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih atau keramas. Lakukan perawatan ini secara teratur , maka rambut anda akan menjadi lebih kuat dan masalah rambut rontok anda akan berkurang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *