DAMPAK BURUK HOBI MAKAN KENTANG GORENG YANG HARUS ANDA KETAHUI

DAMPAK BURUK HOBI MAKAN KENTANG GORENG YANG HARUS ANDA KETAHUI

Kentang merupakan salah satu buha yang terdapat di dalam tanah, atau banyak yang menyebutnya sebagai golongan umbi akar. Kentang dapat dapat di olah menjadi berbagai macam olahan makanan yang enak. Kentang berbentuk seperti ubi dengan warna kulit coklat muda dan sangat tipis. Dan mempunyai daging yang sangat tebal. Kentang sendiri dipercaya berasal dari lembah-lembah dataran tinggi yang ada di eropa. Meski begitu, saat ini kentang sudah banyak dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Kentang merupakan bahan makanan yang saat ini banyak sekali di gemari orang. Mereka mengolah kentang menjadi berbagai masakan yang nikmat. Dan yang saat ini sedang viral adalah kentang goreng atau yang sering disebut juga dengan french fries. Kentang goreng merupakan makanan yang disukai oleh banyak orang di hampir seluruh dunia. Mengapa demikian? Karena kentang goreng mempunyai rasa yang gurih nikmat dan pastinya membuat ketagihan. Apalagi jika disajikan dengan saus tomat, dijamin semakin membuat anda untuk tidak berhenti makan. Meski begitu, camilan ini ternyata kurang baik dikonsumsi. Karena fast food tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi tubuh kita. Nah di bawah ini akan penulis informasikan mengenai dampak buruk mengkonsumsi kentang goreng bagi kesehatan tubuh.

Dampak Buruk Terlalu Sering Mengkonsumsi Kentang Goreng Untuk Tubuh

  • Dapat memicu terjadinya hipertensi

Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng, atau camilan goreng seperti kentang goreng dapat meningkatkan resiko seseorang terkena hipertensi. Hal tersebut dikarenakan kentang goreng yang biasanya dikonsumsi biasanya menggunakan bumbu yang mempunyai kadar garam cukup tinggi agar nikmat. Dan kadar garam tersebut dapat memicu terjadinya hipertensi. Dan jika hal tersebut terus dibiarkan akan dapat menyebabkan resiko penyakit yang lebih berbahaya, seperti gagal ginjal dan juga stroke.

  • Memicu obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan hal yang sangat mengganggu. Bahkan obesitas juga dapat menyebabkan timbulnya risiko penyakit  yang lainya. Ternyata terlalu sering mengkonsumsi kentang goreng dapat menyebabkan obesitas. Hal itu dikarenakan kentang goreng mengandung lemak jahat yang sangat tinggi dan tentunya berbahaya untuk tubuh.

  • Dapat meningkatkan risiko terkena kanker

Kemudian terlalu sering mengkonsumsi kentang goreng juga dapat menyebabkan peningkatan risiko terkena kanker. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan kentang goreng mengandung karsinogen yang dimana kandungan tersebut merupakan zat pemicu timbulnya kanker akrilamida. Untuk itu anda perlu membatasi pengkonsumsian camilan tersebut agar anda terhindar dari penyakit yang mematikan itu.

  • Dapat menyebabkan diabetes

Kentang goreng yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Karena faktor terjadinya diabetes sendiri adalah karena naiknya gula darah akibat terlalu banyak karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Kentang goreng merupakan sumber karbohidrat yang terus membuat ketagihan dan tidak bisa berhenti memakannya. Hal itulah yang menyebabkan kentang goreng menjadi faktor naiknya gula darah atau diabetes.

Selain hal diatas, terlalu sering mengkonsumsi fast food tersebut juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Tentunya hal tersebut juga dapat mendatangkan penyakit yang berbahaya. Untuk itu bagi anda yang mempunyai hobi makan kentang goreng, sebaiknya anda membatasi pengkonsumsian. Anda bisa juga menggantinya dengan kentang panggang yang diolesi dengan minyak zaitun tanpa ditaburi garam, tentunya makanan tersebut akan lebih baik jika dikonsumsi.