Jenis Digital Marketing yang Umum Dilakukan

Jenis Digital Marketing yang Umum Dilakukan

Digital marketing agency – Dalam praktiknya, digital marketing sangat dibutuhkan di era modern seperti sekarang ini. Sebab dengan digital marketing bisa mengenalkan brand atau merek, mendapatkan kepercayaan, sampai bisa mendapatkan profit nyata. Secara garis besar, digital marketing merupakan proses merencanakan konsep, merealisasikan ide yang bertujuan mendapatkan konsumen secara tepat lewat media komunikasi. Teknologi internet sendiri menjadi salah satu tempat yang digunakan untuk bertukar informasi dengan cepat dan dinamis. Oleh sebab itulah, dengan memanfaatkan digital marketing bisa mendapatkan konsumen potensial dengan lebih baik. Pemasaran lewat dunia maya memang memiliki dampak cukup besar bagi penjualan.

6 Jenis Digital Marketing yang Sering Dipakai

Pastinya Anda sering melihat ada artis atau selebgram yang memasarkan produk. Nah, hal tersebut bisa menjadi salah satu jenis digital marketing yang mendorong pengikut mereka membuat action. Yang mana bisa berupa pembelian. Seiring perkembangan zaman, digital marketing bisa diterapkan dalam berbagai jenis. Diantaranya sebagai berikut ini;

  1. Situs Website

Untuk yang pertama ada situs website yang bisa membantu dalam membangun citra perusahaan. Perusahaan tersebut akan terlihat profesional dan bersungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan. Anda bisa mencoba untuk membandingkan dengan usaha yang tidak memiliki situs website. Tidak hanya kurang profesional, namun pemasaran pun akan kurang maksimal. Jadi membuat bisnis tersebut sulit dikembangkan menjadi lebih besar.

  1. Sosial Media

Contoh selanjutnya adalah akun media sosial. Dengan membuat akun media sosial dan membuat promosi, serta memberikan informasi terkait usaha tentu akan menjadi salah satu usaha pemasaran yang baik. Membuat akun media sosial sendiri gratis dan bisa dimanfaatkan untuk menggaet konsumen dalam jumlah tidak terbatas. Anda bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, TikTok dan YouTube untuk mendapatkan kolam konsumen. Saat ini Facebook, Instagram, dan TikTok menjadi kolam untuk mendapatkan konsumen potensial.

  1. Video Kreatif

Kemudian ada video kreatif yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu mempromosikan produk atau jasa. Video kreatif ini bisa dibagi menjadi beberapa jenis. Misalnya video profil perusahaan, penjelasan produk, cara pemakaian, sampai testimoni konsumen. Sebagai contohnya bisa dimulai dengan membuat video kreatif dari dampak yang tidak diinginkan. Misalnya produk kecantikan dimana para konsumen umumnya perempuan yang tidak ingin ada masalah pada kulit wajahnya. Untuk mengobati dan mencegah masalah, bisa memasukkan produk bisnis ke dalam video kreatif tersebut.

  1. Konten Tulisan

Selanjutnya bisa memanfaatkan digital marketing berupa konten tulisan. Tentunya sudah tahu bukan bahwa tulisan adalah raja pemasaran. Dengan membuat konten tulisan maka bisa menunjang beberapa hal. Diantaranya adalah untuk menaikkan rangking situs website, caption media sosial, subtitle video kreatif, sampai detail lain pada kebutuhan promosi.

  1. Ulasan & Review

Keputusan konsumen baru biasanya diputuskan dari ulasan dan review yang diberikan oleh konsumen sebelumnya. Misalnya, perusahaan Anda sudah berada di pencarian Google, lengkap dengan media sosial dan situs website. Supaya reputasi perusahaan semakin meningkat, maka bisa meminta konsumen untuk memberikan review. Dengan adanya review bisa memberikan dampak lebih wah ketika menggunakan platform toko online dan marketplace. Review positif yang didapatkan akan mendongkrak minat pembeli nantinya.

  1. Gambar Informasi

Ketika media sosial dibuat dengan content planner hasilnya tentu akan sangat bagus. Umumnya content planner media sosial seperti Instagram sudah membuat lengkap satu bulan. Ketika membuatnya akan dilakukan prediksi apabila ada hari besar atau hari libur tertentu. Jadi tidak akan tergesa-gesa saat membuat konten infografik, karena sudah disusun rapi dan sistematis.