KENALI MANFAAT MENGKONSUMSI BUAH PEPAYA BAGI TUBUH

KENALI MANFAAT MENGKONSUMSI BUAH PEPAYA BAGI TUBUH

Buah pepaya merupakan buah yang cukup populer di Indonesia. Buah ini berasal dari amerika dan saat ini sudah tersebar ke negara-negara beriklim tropis termasuk Indonesia. Tanaman Buah ini bisa tumbuh dengan subur jika ditanam pada tanah yang kadar airnya tinggi. Buah pepaya yang masih mentah akan berwarna hijau pada kulit dan dagingnya dan tidak memiliki rasa sama sekali. Namun walaupun buah ini belum matang, banyak yang sudah memakainya dan digunakan sebagai masakan. Buah pepaya memiliki rasa yang sangat manis dan juga enak ketika sudah matang. Dan biasanya digunakan untuk buah penutup setelah makan. 

Berbagai Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Buah pepaya matang banyak digemari orang karena rasanya yang manis dan enak. Dibalik rasanya yang lezat tersebut, ternyata buah ini juga memiliki manfaat yang besar untuk tubuh kita. Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh.

  • Membantu melancarkan sistem pencernaan

Buah pepaya bisa digunakan untuk membantu memperlancar sistem pencernaan,karena buah ini jika matang mengandung enzim papain yang sangat tinggi. Dimana enzim tersebut dapat membantu kita mencerna protein yang ada dalam tubuh. Dan pada buah pepaya matang juga terdapat zat yang dapat membantu fermentasi yang ada dalam proses pencernaan. Jadi jika anda yang kerap mengalami sembelit bisa memakan buah ini setiap hari.

  • Sangat mendukung program diet

Kemudian buah pepaya yang matang juga sangat baik untuk membantu program diet. Karena buah  ini mengandung banyak serat dengan kalori yang sangat rendah. Sehingga buah ini sangat direkomendasikan untuk menjadi cemilan saat anda sedang dalam masa diet.

  • Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Kemudian buah ini juga sangat baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Karena buah pepaya merupakan buah yang sangat kaya akan vitamin C. Buah pepaya juga dapat menyediakan dua kali lipat asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Untuk itu buah ini bisa anda konsumsi setiap hari agar kekebalan tubuh anda tetap terjaga.

  • Dapat meredakan nyeri haid

Buah pepaya juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid karena enzim papain yang terdapat di dalam buah pepaya dapat berperan sebagai pengatur aliran darah haid dan juga memperlancarnya. Untuk itu bagi anda yang sering mengalami nyeri haid sangat dianjurkan untuk memakan buah pepaya matang secara rutin. Dengan begitu nyeri haid anda akan lebih berkurang.

  • Dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan juga kulit

Selanjutnya buah pepaya juga dapat membantu menjaga agar rambut tidak mudah rontok. Bahkan buah ini juga dapat menyehatkan kulit kita. Karena didalam buah pepaya terdapat  Kandungan antioksidan dan flavonoid  yang dimana  dua kandungan tersebut dapat mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membuat kulit terlihat lebih muda. Sehingga jika anda memiliki masalah rambut rontok atau kulit yang keriput dapat memakan buah ini secara teratur setiap hari

  • Dapat terhindar dari resiko terkena penyakit kanker usus

Selain di atas, buah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penangkal kanker usus. Karena menurut penelitian beberapa ahli, buah pepaya mengandung beta karoten yang dapat membantu menekan pertumbuhan sel kanker usus. Bahkan antioksidan dan flavonoid yang ada di buah tersebut dapat digunakan untuk mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membantu mengurangi risiko kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *