MANFAAT MINUM BERAS KENCUR UNTUK KESEHATAN

MANFAAT MINUM BERAS KENCUR UNTUK KESEHATAN

Beras kencur termasuk jenis jamu  yang dimana pada  dahulu kala sering digunakan sebagai obat tradisional. Beras kencur merupakan jamu yang terbuat dari bahan dasar beras yang dicuci bersih kemudian direndam dan di haluskan. Kemudian dicampur dengan tumbukan kencur, lalu diberikan gula jawa agar memberi rasa manis. Jamu beras kencur adalah jenis jamu yang cukup terkenal di Indonesia. Jamu ini memiliki rasa manis, agak pedas dan juga agak serak. Namun setelah minum jamu ini tenggorokan anda bisa lebih terasa enteng dan akan mendapat sensasi menyegarkan. Jamu beras kencur juga merupakan jamu yang paling di sukai banyak orang.

Beragam Manfaat Mengkonsumsi Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan

Jamu biasanya tidak disukai orang karena bau dan juga rasanya, terutama oleh kalangan anak muda. Namun sepertinya hal itu tidak berlaku pada jamu yang bernama beras kencur. Karena jamu ini mempunyai rasa yang sangat enak dan aromanya juga menyegarkan, tidak pahit sama sekali. Dan tahukah anda? Bahwa mengkonsumsi jamu beras kencur dapat membuat tubuh anda lebih sehat? Bahkan mengkonsumsi jamu ini juga ternyata dapat menyembuhkan anda dari berbagai macam penyakit. Untuk itu di bawah ini penulis akan menyampaikan tentang apa saja manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan tubuh kita. 

  • Dapat mengatasi penyakit ringan 

Jamu beras kencur terbukti dapat mengatasi berbagai penyakit ringan seperti flu dan batuk. Seseorang yang sedang mengalami flu dapat diatasi dengan meminum jamu ini secara teratur. Mengapa jamu ini bisa mengatasi penyakit flu? Hal itu dikarenakan jamu ini  menggunakan kencur membawa sensasi hangat yang dapat mengurangi gejala flu.

  • Dapat mengatasi sariawan

Jamu beras kencur sangat di anjurkan untuk di konsumsi orang yang sedang mengalami sariawan. Karena jamu ini memiliki sifat anti bakteri dan juga memberikan efek hangat. Sehingga jika anda mengkonsumsi jamu ini dengan teratur, sariawan anda akan lebih cepat sembuh.

  • Sebagai obat alami penambah nafsu makan

Sering kali ditemui anak-anak yang bermasalah dengan nafsu makan. Dan jika anak anda mengalami hal tersebut, anda bisa mencoba mengatasinya dengan meminumkan jamu ini kepada anda anda. Jamu beras kencur sudah terbukti dapat membangkitkan kembali nafsu makan seseorang. Bahkan jamu ini juga dapat meningkatkan stamina tubuh dan juga mengatasi penipisan dinding perut yang disebabkan oleh penyakit maag.

  • Mengatasi diare

Jamu beras kencur juga sangat efektif untuk mengatasi diare. Karena jamu ini mengandung zat sitotoksik dan juga zat antibakteri yang dapat menyembuhkan orang yang terkena diare. Jamu ini memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab diare dengan cepat.  Jamu ini juga dapat  membantu memulihkan cairan tubuh anda yang hilang saat anda terkena  diare. Sehingga anda akan terhindar dari dehidrasi. Oleh sebab itu ketika anda sedang mengalami diare sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jamu yang satu ini.  

  • Memperkecil risiko terkena penyakit kanker

Dan yang terakhir adalah, jamu ini dapat membantu anda mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Karena jamu tersebut mengandung etil p-metoksisinamat yang  mempunyai sifat anti kanker. Kandungan tersebut dapat membantu menghambat proliferasi sel karsinoma hati yang dapat menyebabkan kanker. Sehingga bagi anda yang ingin tidak terkena penyakit kanker bisa mengkonsumsinya secara rutin  setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *