Rahasia agar Masa Kehamilan dan Persalinan Menyenangkan

Kehamilan merupakan hadiah yang banyak dinantikan wanita dewasa yang telah menikah dan memiliki keturunan yang sehat, juga melengkapi keinginannya. Karena itu, tidak sedikit pula yang menjadikan masa kehamilan sebagai momen spesial. Baik oleh wanita itu sendiri bahkan juga orang-orang yang berada di sekitarnya. Dimulai dari asupan gizi, melakukan banyak pantangan hingga perlakuan istimewa lainnya memang kerap diberikan kepada setiap wanita hamil. Dan bila berbicara tentang gizi, maka banyak pula yang dibicarakan. Salah satunya adalah dengan memperhatikan peranan pentingnya asupan kalsium selama kehamilan.

Perlu diketahui, bahwa kebutuhan kalsium pada wanita, bahkan sebelum hamil sudah jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan pria, dan kebutuhan ini akan semakin meningkat pada masa kehamilan. Bahkan pada trimester pertama, setidaknya diperlukan asupan kalsium sebanyak 1.500 hingga 2.000 mg perhari.

Jika seorang wanita hamil kekurangan kalsium maka janin akan menyerap kalsium yang ada pada tubuhnya. Jika dibiarkan terus menerus, maka ibu sang janin akan mengalami keropos pada tulang dan gigi. Kalsium yang merupakan mineral penting dipercaya juga mampu mengontrol dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi yang sangat berbahaya bila terjadi pada masa kehamilan.

Tidak saja selama masa kehamilan 9 bulan yang harus diperhatikan. Melakukan persiapan kehamilan dan persalinan juga seharusnya menjadi catatan khusus. Sebelum proses kehamilan dimulai, ada baiknya setiap pasangan melakukan pemeriksaan reproduksi dan beberapa tes lainnya.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan, seperti kemungkinan terdapatnya virus atau infeksi yang terdeteksi atau kemungkinan lainnya, di mana ada wanita yang tidak diperbolehkan hamil karena bisa membahayakan kondisi ibu dan bayinya itu sendiri.

Setelah melakukan persiapan kehamilan, kemudian hamil, maka proses terakhir yang dinanti-nanti adalah proses persalinan. Di sini juga tetap dibutuhkan kerjasama yang baik antara ibu, ayah dan ditambah juga dengan para ahli yang akan membantu proses persalinan.

Bicarakan dan putuskan, mana proses persalinan yang terbaik bagi ibu dan janin. Begitu juga dengan biaya yang harus dikeluarkan serta proses pemulihan yang sangat dibutuhkan setiap wanita setelah persalinan. Itulah rahasia agar proses selama kehamilan dan persalinan berjalan dengan baik dan menyenangkan.

 

 

 

Leave a Reply