TIPS JITU MENGELOLA KEUANGAN SENDIRI

Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Safir Senduk | KlikCair

Saat ini banyak orang yang kesulitan untuk mengatur keuangan mereka. Hal  ini biasanya banyak dialami para remaja. Mereka biasanya sulit mengatur keuangan karena kadang mereka sulit mengendalikan keinginan mereka. Tak jarang juga mereka menggunakan uang mereka untuk berfoya-foya. Berfoya-foya atau menghamburkan uang untuk hal yang tidak penting merupakan hal yang menyenangkan untuk saat itu. Namun tidak untuk masa depan dan kelangsungan hidup,mu selanjutnya. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita selanjutnya dan juga tidak tahu apa kebutuhan kita di masa depan. Jika terus dibiarkan sikap boros ini dapat menjadi kebiasaan yang kamu tidak sadari. Hal itu sangat berpengaruh saat kamu sudah berkeluarga nanti. Bahkan sifatmu tersebut bisa saja ditirukan oleh anak-anakmu kelak. 

Tips mengelola keuangan sendiri

Mengelola atau mengatur keuangan seseorang harus dilakukan agar tidak tertanam sikap boros yang akan merugikan. Mengatur keuangan sebaiknya kamu lakukan sejak saat ini. karena hal ini akan berpengaruh pada kehidupanmu kedepan. Nah untuk itu  kamu bisa belajar mengelola keuangan dengan beberapa tips berikut :

  • Buat draft

Yang dimaksud buat draf disini adalah kamu harus membuat daftar keperluan yang kamu pelukan bulan besok  saat ini. Tapi yang kamu tuliskan haruslah keperluan yang penting. Kamu juga harus mempertimbangakn keperluan kamu dengan anggaran yang akan masuk ke saku kamu. Jangan beli barang yang melebihi anggaran yang kamu dapatkan.

  • Sisihkan uang

Setelah kamu membuat draf kamu hanya boleh membeli barang yang anda pada daftar itu saja. Tinggalkan keinginanmu untuk membeli barang yang lainnya. Jangan mudah tergoda dengan barang-barang yang dirasa kurang penting. Nah uang sisa dari pembelian bisa kamu tabung atau sebagian kamu sisihkan dan sebagian kamu simpan.

  • Belanja membawa uang yang pas

Kamu juga bisa melakukan tips ini agar kamu tidak boros. Kamu dapat berbelanja ke toko dengan uang yang pas dengan barang yang akan kamu beli. Dengan begitu kamu tidak bisa membeli barang yang lainnya. Kamu juga harus menghindari meminjam uang atau berhutang. Karena jika hal tersebut kamu lakukan dapat mendatangkan sikap boros juga.

  • Bayangkan anda di masa depan

Kamu harus membayangkan saat kamu sudah dewasa dan berkeluarga. Dan harus memikirkan kebutuhan anak kamu yang bersekolah, membangun rumah atau lainnya yang tentunya memakan biaya yang tidak sedikit. Kamu juga bisa membayangkan masa tuamu yang tentunya kamu sudah tidak bisa bekerja dan harus menghemat mulai sekarang.

  • Niat tidak boros

Hal ini sangat penting kamu lakukan jika kamu ingin mengelola uang kamu dengan baik. Dengan menanamkan niat pada hati jika kamu tidak ingin boros akan mendatangkan pikiran yang terkunci untuk membeli keinginan yang tidak terlalu penting.

  • Buka tabungan

Untuk mengelola uang dengan baik sebaiknya kamu menyimpan sebagian uang kamu di bank yang kamu percaya. Hal ini dapat menghindari kamu menghabiskan seluruh uangmu.

  • Hargai uang

Kamu harus menghargai setiap jenis mata uang. Entah itu uang kertas maupun logam. Jika kamu biasanya malas menyimpan uang receh dan lebih memilih untuk membuangnya. Ubahlah sikapmu yang seperti itu belajarlah menghargai semua mata uang. Sebaiknya kamu menyimpan uang receh tersebut atau mengumpulkannya menjadi satu. Karena jika kamu melakukannya kelama lamaan uangmu akan berjumlah banyak dan bisa kamu tukarkan dengan uang kertas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *